Proyek Pemasangan Batu Limestone di Permata Hijau, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan

Dinding merupakan bagian yang sangat penting dalam suatu bangunan rumah yang dapat dijadikan objek untuk berekspresi menggambarkan karakter dari pemilik rumah. Selain itu, dinding rumah juga dapat memberikan terapi rileksasi bagi pemiliki rumah dan tamu jika dilakukan dengan tepat. Sudah sewajarnya jika area dinding diberikan sentuhan alami yang estetik dan tidak membosankan.

Batu Limestone selalu menarik perhatian untuk dipasang di area rumah. Area indoor maupun outdoor, sudah pasti menjadi mewah apabila sudah terpasang batu alam limestone yang berwarna putih ini. Seperti pada proyek yang berada di daerah Permata Hijau, Jakarta Selatan. Batu limestone yang berharga dan estetik dipasang pada area dinding carport yang berada di outdoor. Meskipun hanya dinding carport, tapi area ini bisa mempengaruhi mood dari pemilik rumah menjadi lebih positif.

Dinding carport yang memili luas 20 m2 ini terlebih dahulu dilukai dengan cara diketrik dengan alat pahat. Hal ini dilakukan agar semen dan batu limestone dapat menempel secara sempurna ke permukaan dinding. Mengingat batu limestone merupakan batu bongkahan yang lumayan berat, jadi permukaan batu harus menempel erat ke dinding.

Batu limestone yang berbentuk bongkahan dipahat secara manual dengan menggunakan alat pahat sederhana. Teknik pahat manual dilakukan untuk menghasilkan pola dan sisi batu limestone tampak lebih alami dan tidak kaku. Selain itu, teknik ini juga menghasilkan permukaan batu terlihat lebih menonjol.

Batu limestone yang telah dipahat kemudian disortir sesuai pola muka dan dipasang secara kombinasi. Pemasangan batu limestone secara kombinasi akan menghasilkan pemerataan ukuran batu limestone agar tidak terpusat dengan ukuran yang sama. Batu limestone yang terpasang akan tampak lebih teratur dan lebih nyaman dipandang.

Untuk mengantisipasi batu limestone terlepas, digunakan perekat khusus batu alam dengan merk MU400 (bisa juga dengan merk lain yang sejenis) agar batu kuat menempel. Penggunaan perekat ini, biasanya dioleskan pada area dinding yang akan dipasang dan juga pada permukaan batu. Meskipun menggunakan perekat khusus, tetap digunakan adukan semen dan pasir untuk mengatur ketebalan dinding.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *