Proyek Pemasangan Batu Palimanan RTA dan Pembuatan Kolam Koi Minimalis di Pulo Mas Jakarta Timur

Proyek pemasangan batu alam dan pembuatan kolam ini berlokasi di Jl. Pulo Mas Barat, Jakarta Timur. Pemasangan batu alam dan pembuatan kolam dilakukan secara bertahap mengikuti progress pengerjaan pembangunan rumah.


Area depan rumah yang menjadi titik eye catching, diberikan sentuhan seni yang bernilai tinggi. Fasad depan rumah menjadi salah satu objek yang dipasang batu alam palimanan rata alam (RTA). Dinding fasad yang berada di area carport yang memiliki ukuran 1,52m x 3,32 m, dipasang batu alam palimanan RTA dengan kombinasi ukuran batu.

Area fasad yang berada di samping juga tidak luput dari sentuhan batu alam. Fasad samping yang memiliki ukuran 4,5 m x 3,85 m, dipasang batu alam palimanan RTA dengan kombinasi ukuran seperti area fasad depan. Batu palimanan yang digunakan mulai dari ukuran 5×30 cm, 10×20 cm, 20×20 cm, 15×30 cm, hingga ukuran 20×40 cm. Sebagai finishing untuk mempercantik tampilan batu palimanan, digunakan coating dengan jenis gloss yang dapat memunculkan warna batu dan menampilkan kesan mengkilap.

Halaman rumah yang memiliki area yang cukup luas dapat dimaksimalkan dengan menghiasnya dengan taman rumput dan tanaman perdu. Hamparan rerumputan yang ada pada halaman rumah dapat menambah sejuk suasana rumah. Tanaman sikas dan tanaman perdu juga ditambahkan sebagai pelengkap taman agar nampak asri dan hijau.

Area sudut pada halaman rumah dapat dimanfaatkan menjadi kolam ikan yang minimalis namun tetap elegan. Kolam ikan yang memiliki ukuran permukaan 6 meter x 2,5 meter, kedalaman kolam 70 cm, dan ketinggian bibir kolam 30 cm menjadi tampak indah menghiasi sudut halaman rumah. Pada permukaan kolam, terdapat waterfall sebagai pelengkap kolam dan sebagai sumber gemericik air yang dapat membuat suasana rumah menjadi positif. Penggunaan batu alam andesit pada permukaan kolam juga menambah kesan keindahan dan menjadikan kolam lebih elegan.

Sebagai pelengkap area taman dan kolam, dapat ditebar batu koral kupang putih pada area luar kolam dan batu pijakan (stepping stone). Selain menambah keindahan, area yang ditebar batu kupang putih juga dapat dijadikan tempat refleksi untuk telapak kaki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *