Proyek Batu Paras, Carport, dan Bata Putih Ciputat Tangerang Selatan

Rumah bergaya minimalis yang berlokasi di cluster Nerada Estate ini merupakan salah satu rumah yang memiliki nuansa alam yang kental. Bagaimana tidak? Semua dinding rumah, pilar, dan carport menggunakan batu alam sebagai penghiasnya. Batu alam yang dipasang pada rumah ini dapat memancarkan nuansa alami yang kuat dan memberikan rasa sejuk untuk relaksasi.

Area dinding tangga bagian dalam dipasang batu alam paras jogja putih dengan ukuran kombinasi. Ukuran batu paras yang digunakan mulai dari ukuran 10×20 cm, 20×20 cm, 15×30 cm, 20×40 cm, dan 30×60 cm. Teknik pemasangan yang digunakan adalah teknik timbul tenggelam yang menjadi teknik paling hits pada zaman ini.

Pada area fasad depan lantai satu hingga lantai tiga, dipasang batu alam paras jogja putih yang dipasang dengan ukuran kombinasi dan dengan teknik timbul tenggelam seperti area dinding tangga bagian dalam. Batu alam paras jogja putih secara keseluruhan yang digunakan pada rumah ini mencapai 94,6 m2.

Pada area ruang tamu yang berada di lantai dua, dipasang bata tempel putih yang memiliki ukuran 6,5×24 cm. Bata tempel putih dipasang menggunakan pola susun bata dengan jarak nat setiap sisi bata 0,5 cm. Sebagai sentuhan akhir pemasangan bata tempel putih, dilakukan pengisian nat menggunakan semen putih dan oker berwarna putih agar lebih kuat dan tampak rapih.

Bata tempel putih juga diaplikasikan pada dinding ruang keluarga yang berada di lantai dua. Ruang keluarga yang memiliki warna putih yang tmpak bersih dan rapih menambah kesan kehangatan antar anggota keluarga. Bata tempel putih yang dipasang pada area ruang tamu dan ruang keluarga mencapai 50m2,

Pilar rumah yang berada di area carport dipasang batu alam andesit susun sirih dengan ukuran 3×30 cm dan 3×40 cm. Pada area pilar depan yang besar, dipasang menggunakan teknik pemasangan sisi terbalik dan pola timbul tenggelam. Teknik pemasangan ini memberikan kesan yang berbeda dan menambah keindahan pilar. Secara keseluruhan, pilar yang dipasang batu alam andesit susun sirih berjumlah 11 pilar dengan total luas area 35,5 m2.

Batu alam palimanan putih atau yang biasa disebut batu alam bobos diaplikasikan pada area dinding sisi kanan dan sisi kiri carport. Batu alam bobos memiliki warna putih krem yang dapat menambah kesan soft dan alami. Pada area ini, dipilih batu alam bobos rata mesin (RTM) yang memiliki permukaan yang rata dan berukuran acak atau random. Batu alam bobos acak terlebih dahulu dipola, kemudian dipotong mengikuti pola yang sudah dibuat dan setelah itu dipasang pada area dinding menggunakan adonan semen dan pasir. Jumlah batu alam bobos RTM yang digunakan mencapai 21 m2.

Sebagai pelengkap keindahan rumah, dilakukan pemasangan batu koral sikat alor hitam dan batu koral sikat pancawarna pada area carport dengan motif yang elegan. Luas area carport yang akan dipasang batu koral sikat mencapai 42 m2. Motif yang diterapkan berupa frame hitam yang menggunakan batu koral sikat alor hitam dan batu koral sikat pancawarna sebagai isian dibagian tengah. Hal yang perlu diperhatikan dalam pemasangan carport adalah konstruksi yang ada harus kuat dan kokoh, selain itu ketelitian dan kesabaran tukang sangat berpengaruh untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

Sebagai sentuhan untuk mempercantik dinding atas tangga, dipasang juga ukiran batu paras jogja dengan motif pepohonan. Ukiran batu paras jogja yang dipasang memiliki ukuran 40×80 cm. Jenis ukiran ini termasuk ke dalam ukiran 3D dengan kedalaman ukiran mencapai 4 cm. Ukiran dibuat secara manual menggunakan tangan dan alat pahat, sehingga hasilnya lebih hidup dan memuaskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *