Keindahan Fasad Batu Bali Brown dan Batu Paras Jogja

Batu Bali Brown merupakan salah satu batu alam yang termasuk dalam jenis batu balian yang memiliki karakter yang unik. Dilihat dari sisi warna, batu bali brown memiliki warna krem kecoklatan seperti nama yang disandangnya. Jika dilihat dari tekstur permukaannya, batu ini memiliki urat bergaris coklat kehitaman yang menyerupai kue lapis legit yang merupakan makanan khas dari Indonesia yang sudah ada sejak jaman kolonial Belanda. Batu bali brown termasuk batu alam yang memiliki tekstur yang lunak sehingga harus berhati-hati dalam melakukan pemasangan. Meskipun termasuk batu alam yang lunak, namun keindahan batu bali brown tetap bisa diaplikasikan untuk area fasad.

Batu Bali Brown dipasang dengan teknik susun bata

Pada proses pemasangan ada hal yang harus diperhatikan apabila ingin mengaplikasikan batu bali brown. Hal utama yang menjadi fokus adalah sifat batu bali brown yang tidak senyawa dengan semen, yang berarti bahwa batu bali brown tidak bisa sempurna menempel pada semen. Namun tidak perlu khawatir, setiap masalah pasti ada solusinya. Pemasangan batu bali brown untuk area fasad, diperlukan campuran Mortar Utama (MU) sebagai penambah daya rekat semen. Alternatif lain juga dapat dilakukan dengan menggunakan angkur atau pemberian kawat pada sisi batu bali brown yang berfungsi sebagai penahan batu agar tidak lepas dari dinding.

Batu Bali Brown dipasang dengan teknik susun bata

Selain batu bali brown, batu paras jogja juga sangat apik jika diaplikasikan pada area fasad. Batu Paras Jogja yang sudah diakui keindahan dan alaminya, dapat menambah kesan keindahan rumah. Warna putih bersih yang menjadi ciri khas batu paras jogja mampu menyulap rumah menjadi lebih alami. Meskipun batu paras jogja termasuk batu alam yang lunak, namun batu ini cukup kokoh jika diaplikasikan pada area fasad. Pemasangan batu paras jogja pada area fasad dapat menggunakan semen biasa atau dapat juga diberikan campuran Mortar Utama (MU) agar lebih kuat daya rekatnya.

Batu Paras Jogja dipasang dengan teknik kombinasi lis

Pemasangan batu paras jogja, dapat dilakukan dengan berbagai teknik, diantaranya pemasangan lurus, susun bata, kombinasi ukuran, dan juga kombinasi timbul tenggelam. Teknik pemasangan kombinasi ukuran dan kombinasi timbul tenggelam adalah pemasangan yang paling populer sejak tahun 2017 – 2019. Pemasangan batu paras jogja dengan teknik kombinasi memiliki banyak pilihan sebagai variasi. Salah satu contoh variasi pemasangan batu paras jogja kombinasi ukuran adalah seperti tampak pada gambar. Batu yang digunakan untuk pemasangan tersebut memiliki ukuran 20×20 cm dan 20×40 cm. Sebagai variasi, ditambahkan lis batu paras jogja yang memiliki ukuran 3×40 cm sebagai penambah kecantikan area fasad.

Batu Paras Jogja dipasang dengan teknik kombinasi lis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *